Banjarmasin Bungas



Kota Banjarmasin adalah ibu kota provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia. Banjarmasin juga dijuluki sebagai Kota Seribu Sungai. Kota Banjarmasin memiliki berbagai objek wisata, baik wisata alam, wisata sejarah, maupun wisata kuliner.



WISATA ALAM



wisata alam yang ada di Banjarmasin contohnya adalah Pantai Angsana. Pantai ini berada di wilayah Kecamatan Angsana, terletak di belakang area perkebunan kelapa sawit. Jarak tempuhnya dari Kota Banjarmasin sekitar lima jam perjalanan darat. Pantai ini merupakan sebuah tujuan wisata yang tergolong baru yang mulai dikembangkan secara intens oleh pemerintah setempat dan kini makin ramai dikunjungi wisatawan, khususnya wisatawan lokal. Dibanding pantai-pantai lainnya di Kalsel, antara lain keunggulan Pantai Angsana adalah airnya yang sangat bersih dan bisa dibilang masih perawan. Panorama alam di sekitarnya pun cukup menarik. Keunggulan utamanya sekaligus daya tarik kekhasannya adalah snorkeling dan selam scuba. Ini persis seperti yang ada di Pantai Bunaken atau Raja Ampat, yang memungkinkan wisatawan melihat keindahan terumbu karang yang terletak tidak jauh dari pesisir pantai.


WISATA SEJARAH



Museum Waja Sampai Kaputing atau kerap disingkat Museum Wasaka menyimpan banyak benda bersejarah saksi bisu perjuangan rakyat Kalimantan Selatan melawan penjajahan Belanda. Lokasinya di Jalan Kampung Kenanga Ulu RT 14, Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Di sini, terdapat lebih kurang 400 benda bersejarah yang dipamerkan di museum ini, terutama yang berkaitan dengan sejarah perjuangan rakyat dan pemuda Kalimantan Selatan. Diantaranya: daftar organisasi yang pernah berjuang menentang penjajah seperti Lasykar Hasbullah yang bermarkas di Martapura dan Barisan Pemuda Republik Indonesia Kalimantan yang bermarkas di Banjarmasin.
Ada juga benda-benda peninggalan sejarah seperti: mesin tik kuno, kamera, cermin, tombak, mandau, senapan, mortir, serta empat buah kursi yang konon dulunya dipakai sebagai tempat pejuang Kalimantan Selatan bermusyawarah. Sementara dinding yang mengelilingi kursi-kursi itu memuat deretan gambar gubernur pertama hingga yang menjabat sekarang. Tidak ketinggalan sebuah sepeda kuno yang katanya sewaktu zaman penjajahan digunakan untuk mengirim surat dengan menyembunyikan lembaran surat di dalam badan sepeda agar tidak diketahui oleh kolonial Belanda.

WISATA KULINER

Banjarmasin terkenal dengan pemandangan sungainya yang asti, bahkan kota ini dijuluki dengan Kota Seribu Sungai karena jumlah sungainya yang sangat banyak. Kira-kira ada sekitar 25 buah pulau kecil yang dipisahkan oleh sungai-sungai di Banjarmasin, di antaranya adalah Pulau Tatas, Kelayan, Rantauan Keliling, dan masih bayak lagi yang lainnya. Agar perjalanan di Banjarmasin makin sempurna, sambil santai menikmati destinasi di Banjarmasin jangan lupa untuk menikmati pula kuliner khas yang ada di Banjarmasin. Seperti Soto Banjar, Cacapan Asam, Bubur Bayaak, Ketupat Kandangan, Nasi Itik Gambut, Lontong Orari, Sate Tulang, dan Gangan Humbut.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fasilitas UMM

Kenapa Farmasi?

Perkembangan Teknologi