Perkembangan Teknologi





Pada era globalisasi saat ini teknologi dan kehidupan masyarakat tak dapat dipisahkan, dengan berkembang pesatnya kecanggihan teknologi seakan dunia ini sudah ada di genggaman setiap orang. Teknologi merupakan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia atau dapat dikatakan sekumpulan alat atau mesin yang dapat digunakan oleh manusia untuk memenuhi berbagai kebutuhan atau menyelesaikan berbagai masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Perkembangan teknologi dalam berbagai aspek atau bidang seperti perkembangan teknologi di bidang informasi, di bidang komunikasi, di bidang pertanian, di bidang industry, di bidang ekonomi, di bidang politik, di bidang pendidikan, di bidang sosial budaya, pertahana dan keamanaan, dan berbagai bidang lainnya sudah mengalami perkembangan yang pesat. Teknologi berkembang secara terus menerus memberikan dampak yang cukup besar terhadap kehidupan manusia dalam berbagai bidang baik dampak positif maupun dampak negatif sesuai bagaimana cara kita memanfaatkan atau mempergunakan teknologi tersebut. Teknologi berkembang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.Beberapa hal yang mempengaruhi perkembangan teknologi di antaranya adalah ketersediaan infrastruktur. Di negara Indonesia sendiri, sejarah perkembangan teknologi informasi masih terus berjalan. Perkembangan teknologi informasi di Indonesia tak bisa disamakan dengan perkembangan teknologi di negara maju seperti Jepang, Inggris, Amerika Serikat, dan Singapura, karena perbedaan infrastruktur, wilayah, dan lain sebagainya.
Sejak dekade 1970-an, teknologi informasi di Indonesia berkembang secara bertahap. Pada perkembangannya dibentuk Departemen Komunikasi dan Informatika (Depkominfo), yang kemudian membantu membuat perkembangan teknologi informasi di Indonesia menjadi lebih terarah. Media-media teknologi informasi seperti surat kabar, radio, dan lain sebagainya telah ada pada jaman penjajahan dan terus berkembang.

Contohnya adalah Perkembangan Teknologi di Bidang Komunikasi. Dalam perkembangan teknologi komunikasi sangat berkembang pesat, dimana dahulu seseorang ingin berinteraksi atau bekomunikasi dengan orang lain dibatasi oleh jarak, waktu dan tempat, seperti seseorang ingin menyampaikan suatu pesan kepada orang lain mereka harus mengirim surat dengan menggunakan jasa pos atau lebih dikenal dengan merpati pos dan memakan waktu yang cukup lama namun sekarang sudah ada alat komunikasi yang lebih praktis yaitu telepon dengan adanya telepon apabila kita ingin menyampaikan pesan kepada orang lain jarak, waktu, dan tempat sudah tidak menjadi hambatan untuk saling berinteraksi itu dikarenakan kecanggihan dan perkembangan teknologi yang semakin maju. Telepon ini pun telah mengalami perkembangan yang dimana awalnya di ciptakannya telepon, hanya terdapat telepon kabel atau sering disebut dengan telepon rumah yang dimana telepon ini tidak dapat dibawa kemana-mana dan hanya berfungi apabila mempunyai sambungan kabel dan menggunakan arus listrik sebagai jaringan dalam berkomunikasi yang terhubung pada telepon tersebut, telepon ini muncul dengan fungsi hanya menyampaikan dan menerima pesan suara terutama pesan yang berbentuk percakapan. Namun seiring perkembangan dan kebutuhan masyarakat untuk saling berkomunikasi dengan sesama, sekarang para pengusaha atau seseorang yang mempunyai bakat dalam bidang teknologi komunikasi terus mengembangkan ide-ide kreatifnya untuk membantu masyarakat dalam menggunakan alat komunikasi. Yang dimana dulunya menggunaka telepon kabel sekarang beralih menggunakan telepon genggam atau telepon seluler (ponsel) yang dimana telepon ini tidak lagi menggunakan kabel dan arus listrik sebagai jaringan tetapi menggunakan signal dan batrei dalam berkomunikasi dan mudah di bawa kemana-mana karena bentuknya yang kecil, dalam telepon genggam juga berfungsi menerima dan menyampaikan pesan suara ataupun nonsuara. Tak hanya sampai disini telepon genggam ini terus mengalami perkembangan. Sekarang telepon genggam sudah menjadi telepon pintar yang dilengkapi dengan beberapa fitur-fitur yang canggih seperti tersedianya aplikasi radio, you tube, facabook, games camera, internet, aplikasi untuk video call, email, bbm, dan apliaksi yang lainnya tak hanya itu model atau gaya telepon pintar ini terus mengalami perubahan, sehingga dapat membantu seseorang dalam pekerjaan maupun hal-hal yang lainnya serta menunjang kenyamanan dalam pengguna teknologi komunikasi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fasilitas UMM

Kenapa Farmasi?